Jumat, 25 Desember 2009

Abdullah bin Khubaiq

images


Namannya Abu Muhammad Abdullah bin Khubaiq, termasuk seorang Sufi yang sangat zuhud, berasal dari Kufah, tinggal di Antakia dan bersahabat dengan Yusuf bin Asbath.
Diantara mutiara nasehatnya adalah :

1. Jagalah 4 hal, tidak ada lainnya. Matamu. Lidahmu, hatimu, dan hawa nafsumu. Lihatlah matamu janganlah engkau pergunakan untuk melihat sesuatu yang tidak halal. Lihatlah lidahmu, janganlah berbicara sesuatu yang Allah tahu pembicaraanmu itu bertentangan dengan hatimu. Lihatlah hatimu jangan ada di dalamnya rasa dengki dan dendam terhadap seorang muslim. Dan lihatlah hawa nafsumu, janganlah menyenangi keburukan sedikitpun. Jika kamu tidak bisa menjaga empat hal ini, maka taburilah kepalamu dengan abu sungguh kamu telah celaka.

2. Janganlah kamu bersedih hati kecuali karena sesuatu yang akan mencelakakanmu esok (di akhirat). Dan janganlah kamu bersenang hati kecuali karena sesuatu yang akan menyenangkanmu esok.

3. Kebuasan hati seorang hamba terhadap kebenaran akan menjadikan haitnya buas. Seandainya mau mendekat kepada Tuhannya, pasti semua orang akan dekat dengan-Nya.

4. Takut yang paling berguna adalah takut yang bisa menahannya dari berbuat dosa, menjadikan hatinya menyesali kebaikan yang ditinggalkannya, menyadarkan pikiran untuk mengisi sisa-sisa umurnya. Sedangkan harapan yang paling berguna adalah harapan yang dapat meringankanmu untuk beramal baik.

5. senang mendegarkan kebathilan dapat melenyapkan manisnya ta’at di dalam hati.

0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008